loading...
loading...
10. jika-maka
- peserta dibagi atas dua kelompok
- siapkan kertas dan balpoin
- satu kelompok diberi nama kelompok jika dan tugasnya adalah menuliskan kalimat yang diawali kata jika,satu kelompok lagi bernama kelompok maka dan tugasnya adalah menulis kalimat yang diawali dengan kata maka.
- Setelah peserta paham dengan tugasnya selanjutnya mentor memberikan waktu pada tiap kelompok untuk menulis kalimat yang diawali dengan kata jika-maka sebanya 3 atau sesuai yang diinginkan mentor
- Setelah kelompok selesai menuliskan kalimatnya masing-masing selanjutnya setiap kelompok mengutus satu perwakilan untuk maju kedepan untuk membacakan tulisannya.
- Tulisan dibaca secara berpasangan dengan antara tulisan jika dan tulisan maka.
- Setelah kelompok jika selesai membacakan satu kalimatnya maka kelompok maka harus menyambung kalimatnya dengan apa yang telah dia tuliskan bersama dengan kelompok maka.
- Biasanya yang terjadiadalah antara kalimat jika dan kalimat maka tidak nyambung satu sama lain contohnya jika saya tidurmaka saya pintar.
Ayo buruan di coba Bapak dan Ibu.. Sangat seruuuuuu...!
11. menulis cerita
- Peserta duduk melingkar dam mentor berada ditengah lingkarang
- Mentor menyampaikan aturan permainan kepada peserta
- Setiap peserta masing masing menyiapkan selembar kertas dan balpoin
- Peserta diminta untuk menuliskan cerita dikertasnya masing-masing dengan diawali memperkenalkan namanya.
- Setiap peserta hanya boleh mengisi satu paragrap
- Selanjutnya kertas dilipat dan digilir kesampingnya lalu yang menerima harus melajutkan cerita sesuai kreasinya dalam satu paragrap.
- Kertas digilir sampai isinya penuh dengan tulisan.
- Langkah terakhir minta satu dua orang relawan yang mau membacakan isi cerita dalam kertas yang dipegannya
- Biasanya saat peserta membacakan cerita dapat mengundang tawa karena cerita yang disampaikan tidak nyambung antara paragraf satu dengan paragraf lainnya.
Misalnya pada paragraph pertama peserta menuliskan
Nama saya adalah henry setiawan,dulu saya pernah sekolah di kota tapi karena ibu saya sudah tua dan tidak bisa membiayai sekolah saya makanya saya berhenti sekolah.sekarang ibu saya jatuh sakit dan saya mesti merawatnya terkadang suhu tubuh ibu saya meningkat drastis dan tidak cukup bila hanya di kompres.saya ingi membawahnya kerumah sakit tapi saya tidak punya uang untuk biaya pengobatan.
Pada paragraf kedua teman anda menulis
Betapa senangnya saya punya pacar seperti dony.dia adalah laki-laki yang romantis,penuh perhatian,sabar,dan dia tau apa yang saya butuhkan…..
12. kotak
- Peserta diminta untuk menjawab berapa angka dalam kotak yang kosong
- Peserta hanya boleh mengisi kotak yang kosong dengan angka 1-9 dan tidak boleh berulang
- setiap angka dalam kotak pada arah horizontal dan vertical harus berjumlah 15
- mentor memberika waktu yang sedikit kepada peserta untuk mengisi kotak yang kosong tersebut
- siapa yang duluan menyelesaikannya dengan benar maka akan diberi hadiah oleh mentor.
13. berhitung dengan jari
- pada umumnya orang berhitung dengan jari seperti 1=telunjuk,2=telunjuk+jari tengah dan seterusnya
- anda bisa menggunakan jari anda berhitung dengan cara yang berbeda sesuai dengan kreasi anda sendiri
- selanjutnya sampaikan kepada peserta cara berhitung dengan jari tangan sesuai dengan kreasi anda
- biasanya pesertaa akan kesulitan melakukan seperti yang anda lakukan karena sesungguhnya permainan ini melatih keseimbangan otak kiri dan otak kanan
- ulangi terus sampai peserta bisa meniru cara berhitung dengan kreasi anda.
- mentor menantang satu peserta untuk berhitung
- permainan ini adalah permainan menyebut angka atau melanjutkan perhitungan
- peserta dan mentor hanya bisa menyebut angka maksimal Sebanyak dua contoh 1,2 bisa juga hanya satu angka saja.
- siapa yang bisa menyebut angka 20 maka dialah sebagai pemenangnya
- sebagai kata kunci untuk menang maka anda tidak harus berhenti pada angka-angka berikut ini 2-5-8-11-14-17-20
Ayo buruan di coba Bapak dan Ibu.. Sangat seruuuuuu...!
15. berhitung
- peserta membentuk lingkaran bisa duduk bisa berdiri sesuaikan kondidsi
- mentor berada dalam lingkarang
- mentor terlebih dahulu menyampaikan aturan main
- mentor akan menu
- aturannya adalah mentor akan menunjuk salah satu peserta dalam lingkaran untuk memulai
- perhitungan dari angka satu dan seterusnya
- setiap kelipatan 3 (sesuai yang disepakati peserta) maka peserta tidak boleh menyebut angka 3 melainkan harus menebut nama atau cukup bertepuk tangan lalu perhitungan dilanjut dengan angka 4 dan seterusnya
- permainan ini termasuk tahap mudah
- selanjutnya mentor bisa merubah permainan dengan cara yang berbeda yaitu setiap kelipatan tiga maka peserta harus menyebut nama temannya lalu teman yang dsebut harus melanjutkan perhitungan dan seterusnya
- selanjutnya mentor bisa menaikkan level permainan ke tingkat yang sulit
- kelipatan yang dipakai ada tiga yaitu kelipatan 2,kelipatan 3 dan kelipatan 5
- setiap muncul kelipatan 2 maka peserta harus mengucapkan kata daar
- setiap muncul kelipatan 3 maka peserta harus mengucapkan kata diir
- dan seriap kali muncul kelipatan 5 maka peserta harus mengucapkan kata door
- 6 adalah kelipatan 2 dan 3 maka peserta harus berkata daar-diir dan seterusnya
- 10 adalah kelipatan 2 dan 5 maka peserta harus berkata daar-door dan seterusnya
- Yang salah dalah permainan ini dianggap gugur dan perhitungan diulang kembali.
Yang ini paling seru...
16. menyebut objek
- Peserta membentuk lingkarang
- Mentor berada didalam lingkarang
- Mentor menentukan kriteria objek yang bisa disebut seperti nama hewan,nama burung dan lain-lain.
- Peserta harus menyebut nama objek sesuai huruf akhiran yang disebut sebelumnya seperti orang pertama menyebut rambutan orang kedua harus menyebut nama buah yang awalannya huruf n seperti nangka
- Setelah peserta paham maka mentor memulai permainan misal objeknya adalah buah maka mentor menyebut apel atau yang lain lalu menunjuk salah satu peserta dan peserta tersebut harus melanjutkannya dengan menyebut nama objek yang awalannya huruf L lalu dilanjutkan oleh teman sebelahnya dengan mengikuti putaran lingkarang
- Yang salah dalam permainan ini akan dianggap gugur
- Biar lebih seru,mentor bisa mengganti objek dengan kata atau kalimat
17. melempar spidol
- Mentor memegan spidol
- Apabila mentor melempar spidol keatas maka peserta harus bertepuk tangan dan suara desis
- Saat spidol sampai pada tangan mentor maka peserta harus berhenti bertepuk tangan
- Tingkatkan kecepatan lemparan sehingga akan mengganggu konsentrasi peserta
- Semakin lama semakin percepat lemparan sampai pada klimaks dengan jarak yang semakin dekat
- Diakhir anda berpura-pura akan melempar spidol tersebut dan lihat reaksi peserta apakah ada yang bertepuk tangan.
18. tabak gaya
- Peserta membentuk beberapa kelompok yang terdiri dari lima orang atau lebih
- Semua peserta menghadap kebelakang lalu mentor memanggil peserta paling belakang dari kelompok dan memperlihatkan gambar atau nama objek entah itu nama hewan atau manusia
- Setelah peserta tersebut mendapatkan gaya apa yang bisa dia sampaikan kepada orang kedua dia harus menepuk punggung temannya atau orang kedua lalu orang kedua berbalik arah dan orang pertma menunjukkan gayanya untuk menyampaikan apa yang dia lihat sebelumnya
- Selanjutnya orang kedua menepuk punggung orang ketiga lalu menunjukkan gayanya sesuai apa yang dia tangkap dari orang pertama
- Selanjutnya dilanjutkan pada orang keempat dan orang kelima
- Dalam permainan ini tidak ada suara yang terdengar kecuali gerakan
- Setelah semua selesai mintalah pendapat dari tiap-tiap peserta atas apa yang mereka tangkap dari gaya atau gerakan yang diperlihatkan dan bandingkan semua pendapat dengan objek yang pertama.
Ayo buruan di coba Bapak dan Ibu.. Sangat seruuuuuu...!
19. harimau makan harimau
- Peserta membentuk lingkarang
- Peserta harus mengangkat kedua tangannya kesamping
- Tangan kanan terbuka lebar seperti meminta sesuatu
- Tangan kiri dibuat seperti sedang menunjuk
- Tangan kiri diletakkan pada tangan kanan teman disebelahnya dan seterusnya
- Kunci permainan ini adalah ketika mentor menyebut kata harimau dalam cerita maka peserta harus menangkap jari telunjuk peserta lain yang ada di atas tangan kanangnya
- Disamping itu dia juga harus secepat mungkin untuk menjauhkan tangan kirinya dari atas tangan kanan peserta lain supaya tidak termakan
- Setelah peserta paham dengan aturan main maka mentor mulai bercerita
- Bisa bisa mengarang sebuah cerita yang penting dalam cerita tersebut terdapat kata harimau
- Yang tertangkap dalam permainan ini bisa saja dihukum bisa pula dianggap gugur lalu permainan dilanjutkan kembali.
20. pecahkan kode
- Peserta membentuk dua atau lebih kelompok
- Setiap kelompok hanya boleh membawa satu hp,satu balpoin,dan selembar kertas
- Peserta akan diberikan kode berupa angka oleh mentor
- Peserta harus memcahkan kode tersebut lalu mencari maksud isi kode tersebut dan memotonya kemudian memperlihatkannya pada mentor untuk memdapatkan kode selanjutnya
- Mentor hanya menyiapkan beberapa kode yang harus dipecahkan dan dicari
- Yang paling cepat memecahkan semua kode maka merekalah yang menang.
21. rumus benar-salah
- Peserta membentuk dua atau lebih kelompok
- Setiap kelompok berbaris dihadapan mentor
- Mentor menjelaskan aturan main
- Rumus yang dipakai adalah benar-salah
- Jika mentor mengatakan maju-mundur maka peserta harus maju dan maju karena rumusnya adalah benar-salah
- Biar tambah ramai,peserta juga harus teriak sesuai dengan arah pergerakannya
- Mentor bisa menaikkan level permainan ketingkat yang lebih tinggi
- Mentor mengganti rumusnya dengan benar-salah-benar-salah atau benar-benar-salah-salah sesuka hati mentor yang mana
- Peserta harus mengikuti rumus yang diberikan oleh mentor
- Kelompok yang salah dalam permainan ini akan dianggap gugur lalu permainan dilanjutkan kembali sampai ada pemenang
22. membentuk kelompok
- Peserta dalam keadaan berbaris atau bentuk lingkirang
- Saat mentor berteriak 4 maka peserta harus membentuk kelompok yang terdiri dari empat orang dengan secapat mungkin
- Selanjutnya mentor berteriak 5 maka peserta harus membentuk kelompok yang terdiri dari lima orang dan seterusnya
- Dalam permainan ini akan ada beberapa peserta yang tidak kebagian kelompok
- Peserta yang tidak kebagian kelompok bisa dihukum
23. ekor-naga
- Peserta membentuk dua kelompok yang terdiri dari 9-10 orang
- Semakin banyak peserta maka semakin seru
- Dua kelompok tersebut membentuk barisan yang panjang dan saling menyambung
- kelompok satu dan kelompok dua saling berhadapan
- peserta paling depan bertindak sebagai kepala naga
- peserta paling belakang bertindak sebagai ekor naga
- kepala naga harus memakan ekor dari naga kelompok lain dan begitupun sebaliknya
- ekor naga harus menghindar dari kepala naga yang mengintainya
- saat mentor mulai permainan maka peserta harus bergerak secepat mungkin untuk menjalangkan misinya
24. lomba buat ikatan panjang
- peserta membentuk dua kelompok yang terdiri dari 10 atau lebih peserta
- kunci dalam permainan ini adalah peserta harus membuat ikatan yang panjang
- peserta hanya boleh menggunakan sesuatau yang ada pada dirinya untuk dijadikan sebagai ikatan bisa tali sepatu,sandal,sepatu,kaos kaki,dan bisa juga anda saling berpegangan tangan dengan teman kelompok tapi sebaiknya hal ini jangan disampaikan kepada peserta
- biarkan mereka melakukannya sesuai dengan kreativitas mereka
Sumber: sabran11.blogspot.com
Demikian Informasi yang dapat kami sampaikan. Tetap kunjungi situs kami di untuk mempebarui informasi anda.Kami akan senantiasa memberikan berita terbaru, teraktual, terpopuler, yang dilansir dari berbagai sumber terpercaya.Terima Kasih atas kunjungan anda.Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
loading...
0 Response to "PAGE 2 KUMPULAN ICE BREAKING SANGAT SERU DAN MENYENANGKAN"
Post a Comment